PERKEMBANGAN TEKNOLOGI SEMAKIN MASIF, MAHASISWA KKN TIM II UNDIP AJARKAN DIGITAL MARKETING GUNA MEMPERLUAS JANGKAUAN PASAR

Published by AdminDesa on

Pemaparan terkait digital marketing ke pelaku UMKM

Pemalang (07/08/2023) – Karimah Az Zahra Novianti, Mahasiswa S-1 Ekonomi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro melaksanakan program “Pengenalan Digital Marketing Guna Perluasan Pemasaran Produk“ kepada pelaku UMKM di Desa Jatiroyom, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang.

Saat ini teknologi semakin pesat seiring berkembangnya zaman dan tidak dapat terhindarkan. Perkembangan teknologi yang sangat pesat ini sudah seharusnya dapat dimanfaatkan bagi para pelaku UMKM sebagai media pemasaran produk yang diproduksi. Namun, pada kenyataannya masih terdapat para pelaku UMKM di Desa Jatiroyom yang kurang paham bagaimana cara memasarkan produknya dengan efisien. Maka dari itu, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro berinisiatif untuk memberikan pengajaran dan pengenalan terhadap digital marketing yang dapat digunakan sebagai media pemasaran yang dapat memperluas jangkauan pasar serta sebagai media pemasaran yang efisien.

Pelaksanaan program ini dilakukan secara door to door pada minggu ke-3 kegiatan KKN, dimulai dengan Mahasiswa menjelaskan tentang digital marketing, manfaat dan keuntungan dari digital marketing seperti tidak merogoh kocek yang dalam bahkan digital marketing dapat dilakukan tanpa biaya, strategi yang digunakan dalam marketing, serta menjelaskan apa saja kekurangan dari digital marketing.

Pembuatan e-catalog agar pemasaran lebih efisien

Selain memperkenalkan digital marketing, Mahasiswa Undip juga melakukan pendampingan serta pembuatan e-catalog, poster, atau buku menu yang dapat digunakan sebagai bahan pemasaran di sosial media. Para pelaku UMKM terlihat sangat antusias dan berterima kasih. Sebelumnya pelaku UMKM di Desa Jatiroyom masih menggunakan daftar menu yang ditulis manual, dengan pendampingan dan pembuatan e-catalog yang dilakukan Mahasiswa Undip, pelaku UMKM merasa terbantu dan pemasaran pun menjadi lebih efisien.

Dengan program ini, diharapkan para pelaku UMKM di Desa Jatiroyom lebih mengenal digital marketing dan dapat diimplementasikan dengan baik sehingga pemasaran produk bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Jangkauan pasar yang lebih luas dapat mendorong roda perputaran ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi desa pun ikut berkembang seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Penulis: Karimah Az Zahra Novianti – Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing Lapangan: Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D., IPU.

Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *